System

7 Tips Meningkatkan Keamanan Cloud VPS

2 min read


Cloud VPS dikatakan sebagai salah satu jenis layanan hosting yang paling aman untuk digunakan sebagai hosting bisnis. Ada banyak layanan VPS Indonesia jenis ini yang tersedia saat ini. Meskipun dikatakan cukup aman, Anda juga wajib untuk melakukan usaha tambahan agar keamanan data Anda dalam Cloud VPS tetap terjaga. Untuk itu, di sini kita ada beberapa tips untuk menjaga keamanan server dan data saat memakai layanan hosting ini.

Menonaktifkan User Root

Langkah awal meminimalkan serangan pada data yang ada di Cloud VPS adalah mematikan user root. Dengan cara ini, maka akses menuju data di Cloud VPS dapat terbatasi. Hal ini menghambat para black hat hacker atau siapapun yang usil untuk membuka dan masuk ke server Anda. Langkah ini dapat mencegah masalah pencurian data atau data bocor.

Memakai Password Yang Kuat

Salah satu teknik meretas yang banyak digunakan penyerang untuk masuk ke Cloud VPS adalah teknik brute force. Artinya, mereka akan mencoba terus berbagai kombinasi karakter untuk masuk ke server tersebut. Bila Anda menggunakan password yang sederhana, maka tidak butuh waktu lama untuk membuka server. Alhasil, penyerang bisa dengan bebas mengakses dan mencuri data Anda.

Oleh karena itu, pastikan memakai atau mengganti password Anda dengan yang lebih kuat. Gunakan kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil, tanda baca, dan lainnya. Dengan cara itu, maka password tidak akan mudah ditembus. Dan, serangan bisa lebih mudah terdeteksi karena memakan waktu yang jauh lebih lama.

Cara lain adalah menggunakan password SSH. Penggunaan SSH Key seperti ini juga dapat memberikan keamanan lebih pada data Anda. Selain itu, jaringan yang digunakan melalui cara ini juga terenkripsi, yang membuat server Anda menjadi lebih aman lagi.

Merubah Port SSH

Meskipun sistem SSH Key dibilang aman untuk melindungi data di server Anda, tetapi saat Anda baru memasangnya, sistem ini akan menggunakan default setting. Pengaturan standar ini sudah diketahui banyak orang, karena itu bisa dimanfaatkan peretas untuk membobol server Anda. Oleh karena itu, ubah port default SSH Anda setelah memasangnya.

Cara ini mungkin sedikit agak sulit karena memerlukan pengetahuan teknis. Jadi, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan layanan VPS yang Anda gunakan. Mereka mungkin bisa membantu mengganti pengaturan dasar ini menjadi lebih aman lagi.

Memakai Firewall

Firewall bisa dikatakan seperti saringan atau filter untuk akses ke data di Cloud VPS Anda. Jadi, dengan firewall, Anda bisa mengatur port mana yang bisa diakses atau siapa yang bisa mengakses data Anda. Bila Anda menggunakan Cloud VPS atau server jenis apapun, wajib hukumnya memasang firewall. Hal ini akan sangat meningkatkan keamanan dan perlindungan data di server tersebut.

Memasang Antivirus

Jangan lupa untuk memasang antivirus di server Anda. Serangan tidak hanya terjadi oleh peretas. Masalah juga bisa timbul akibat virus atau malware yang masuk ke server Anda.

Agar Cloud VPS Anda lebih aman, pasang antivirus yang kuat di dalamnya. Ada banyak jenis antivirus untuk kebutuhan ini, baik yang gratis atau bebayar. Pilih salah satu yang Anda pikir cocok dengan kebutuhan perlindungan data di Cloud VPS Anda.

Update Sistem Secara Berkala

Memperbaharui sistem secara berkala juga sangat membantu menambal lubang yang ada di server. Hal ini sangat dianjurkan, karena Cloud VPS menggunakan virtual system yang bergantung penuh pada software di server fisik. Update terbaru akan terus meningkatkan keamanan dari server tersebut.

Edukasi Pengguna Server

Yang terakhir dan terpenting adalah mengedukasi pengakses server Anda, baik karyawan atau diri Anda sendiri. Banyak masalah data bocor datang dari kesalahan manusia, misalnya mereka membuka email tertentu atau lupa menutup akses mereka. Edukasi akan meminimalkan terjadinya masalah human error ini.

Penutup

Dengan tips di atas, niscaya Cloud VPS Anda akan aman dari masalah. Bila Anda ingin tahu lebih banyak tentang hal ini, Anda bisa menggunakan jasa Nevacloud melalui websitenya, https://nevacloud.com/. Anda bisa mendapatkan informasi tentang VPS dan paket Cloud VPS terbaik di sana.